APLIKASI SIMULASI TEST IQ BERBASIS WEB MOBILE

 

Salah satu sistem nyata yang memerlukan aplikasi simulasi berbasis web mobile adalah pelaksanaan tes IQ. Hal ini disebabkan karena tes IQ ini membutuhkan mobilitas yang tinggi dan distribusi informasi yang akurat serta pelayanan yang cepat. Pembuatan sistem aplikasi simulasi test berbasis web mobile diorientasikan dengan konsep sederhana dan ringan tentunya akan membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan mudah dalam menggunakannya. Manfaat aplikasi ini adalah pengguna dapat melakukan simulasi tes IQ melalui berbagai platform perangkat dan sistem operasi yang berbeda. Pengguna dapat secara langsung melihat hasil tes saat waktu itu juga. Pelaksanaan tes IQ dapat dilakukan kapan pun dari berbagai tempat asalkan terhubung dengan jaringan internet.

 

Aplikasi ini dikembangkan dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki tahap pengembangan meliputi analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem dan uji coba sistem. Analisis sistem dilakukan untuk mengetahui kebutuhan data, informasi, perangkat keras,dan perangkat lunak. Desain sistem meliputi desain model, desain basis data dan desain antar muka untuk mempermudah dalam implementasinya. Sistem diimplementasikan berbasis web mobile dengan bahasa pemrograman HTML, JavaScript, PHP dan Bootstrap. Basis Data menggunakan MySQL. Pengujian sistem dilakukan dengan dua cara yaitu pengujian kotak hitam dan pengujian Alpa.

 

Berdasarkan hasil pengujian kotak hitam dan pengujian Alpa yang dilakukan, menunjukkan hasil bahwa aplikasi yang dikembangkan memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan, dapat berjalan dengan baik, 50% responden menjawab sangat mudah digunakan, 47% responden menjawab tampilan yang menarik, 43% responden menjawab lengkap, dan 47% responden menjawab akses yang sangat cepat.

kelebihan pada jurnal ini adalah:

1. penjelasan dijelaskan dengan lengkap dimulai dari latar belakang, pengertian dll

2. penulisan cukup rapi hingga para pembaca tidak kebingungan menerka-nerka kata katanya

kekurangan pada jurnal ini adalah:

1. tidak terdapat saran-saran untuk penulis selanjutnya 

Daftar pustaka:

Rahman. A.S., & Wardani. S., & Fairuzabadi. M. Aplikasi simulasi test IQ berbasis web mobile. (2018). Yogyakarta. Fakultas Teknik, Universitas PGRI. Prosiding seminar dinamika informatika

Comments

Popular Posts