RILIV

 

Nama: Devy Qurnia Amanda

NPM: 16517417

Kelas: 4PA12

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

APLIKASI RILIV



Aplikasi riliv didirikan oleh Audrey Maximillian Herli, Audrey adalah alumni jurusan Sistem Informasi Universitas Airlangga (UNAIR) pada saat mendirikan Riliv, Audrey didukung oleh dua orang temannya, yaitu Audy Christopher (alumni Teknik Industri UNAIR), dan Fachrian Anugerah (alumni Sistem Informasi UNAIR), pada tahun 2015. Arti kata riliv sendiri diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu relief yang artinya bantuan. Riliv adalah aplikasi daring yang diperuntukkan orang yang sedang membutuhkan sesi konsul atau curhat tentang permasalahan yang sedang dihadapi, riliv dapat di unduh di App Store maupun Play Store secara gratis.

Riliv juga menghubungkan seseorang yang ingin konsul dengan psikolog professional atau mahasiswa psikologi (Reliever) secara anonim atau identitas tidak perlihatkan dan pribadi. Aplikasi ini menerapkan fitur anonim atau tanpa identitas bagi pengguna, jadi tidak perlu khawatir karna tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui identitas pengguna, bahkan reliever sendiri. Sehingga pengguna tidak perlu malu atau ragu untuk bercerita tentang apa yang sedang diderita. Reliever adalah seorang dengan latar belakang psikologi yang terlatih menghadapi permasalahan pribadi. Reliever akan menganalisis apa yang jadi permasalahan pengguna dan memberikan sudut pandang baru atas masalah pengguna, sehingga pengguna bisa memilih keputusan terbaik dan solusi yang pas untuk pengguna. Jadi disini reliever membantu memberikan jalan keluar untuk pengguna tapi nanti semua keputusan akhir ada di tangan pengguna sendiri di riliv tidak ada yang yang perlu disembunyikan, karena semua percakapan pengguna dengan reliever terjamin kerahasiannya.

Cara mengunduh aplikasi riliv sangat mudah, yang pertama kita bisa membuka App Store atau Play Store lalu search atau cari “Riliv” maka akan muncul seperti gambar dibawah ini

setelah muncul seperti ini, pengguna bisa menekan tombol “get” untuk mengunduhnya, setelah selesai diunduh, pengguna bisa membuka aplikasinya, dan akan muncul pilihan daftar dan masuk.

                                                  



 

daftar jika pengguna belum memiliki akun, dan masuk jika pengguna sudah memiliki akun.

Disini saya klik “daftar”. Setelah klik daftar akan muncul daftar dengan Apple, daftar dengan Google atau daftar dengan Email, dan saya memilih “daftar dengan email”, kemudian setelah pengguna klik “daftar” maka pengguna akan diarahkan untuk mengisi data seperti nama, email, password, nomor handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, dan tempat tinggal, setelah selesai mengisi data tampilan selanjutnya adalah seperti dibawah ini.








Setelah itu pengguna diminta untuk memilih tiga dari enam apa yang ingin dibahas atau di konsulkan dengan reliver.

Setelah memilih, tahap selanjutnya pengguna bisa mulai sesi konsul sesuai dengan yang tadi sudah dipilih oleh pengguna, dan setelah selesai konsul, pengguna bisa memberi kan rate bintang satu sampai lima.






Pemilihan warna pada aplikasi Riliv berdasarkan psikologis Menurut Goethe dalam bukunya yang berjudul Theory of Colours, menyatakan bahwa setiap warna memiliki kesan dan pengaruh tertentu, baik itu kesan positif maupun negatif, terhadap emosi seseorang. Pada aplikasi riliv ini didominasi oleh warna putih, biru dan sedikit sentuhan orange. Putih berarti suci dan bersih. Warna putih memiliki arti kebebasan dan keterbukaan. Dalam dunia kesehatan warna putih memberikan kesan steril atau tidak tercampur dengan apapun. Warna putih juga dapat digunakan untuk terapi mengurangi rasa nyeri, sakit kepala dan mata lelah. Warna biru berarti mampu mengatasi insomnia, kecemasan, migrain dan tekanan darah tinggi. Sedangkan dalam bisnis, warna biru mampu memberikan kesan professional, kepercayaan dan simbol kekuatan. Warna biru juga dipercaya mampu merangsang kemampuan untuk berkomunikasi dan ekspresi artistik. Warna biru juga dapat menggambarkan seseorang yang melankolis. Dan warna orange menggambarkan  Warna orange merupakan perpaduan antara warna merah dan kuning. Warna orange memberikan kehangatan dan semangat, symbol petualangan, optimisme, kemampuan bersosialisasi dan kepercayaan diri. Selain itu, warna orange juga memiliki arti ketenangan berkaitan dengan suatu hubungan.

Jadi dapat disimpulkan warna-warna yang dipilih oleh aplikasi riliv ini adalah warna yang membawa ketenangan, sehingga para pengguna yang ingin konsul mendapatkan kehangatan dan ketenangan karna pemilihan warna nya yang tepat dan tidak membuat pengguna merasa rishi dengan warna-warna yang kontras.

Comments

Popular Posts