Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

                                                      Arsitektur Komputer

    Komputer merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk pengolahan data sesuai dengan instruksi yang diberikan. Kata "komputer" berasal dari orang yang bekerja melakukan hitungan matematika, namun sekarang komputer modern dapat digunakan untuk berbagai keperluan tidak hanya melakukan perhitungan saja, melainkan melakukan berbagai tugas yang berat termasuk bisa juga digunakan untuk games dan sebagainya.

    Arsitektur komputer didefinisikan sebagai suatu konsep tentang perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu komputer. selain itu arsitektur komputer juga didefinisikan sebagai suatu seni dan ilmu yang berisikan bagaimana merancang antara berbagai jenis komponen hardware komputer supaya menghasilkan suatu komputer yang serbaguna untuk berbagai keperluan.

     Dalam sebuah bidang teknik komputer arsitektur komputer memiliki pengertian lain yaitu sebagai suatu ilmu yang tujuannya untuk merancang sebuah sistem komputer. Arsitektur von Neumann / mesin von Neumenn merupakan arsitektur yang berhasil diciptakan oleh John Von Neumann “1903-1957”, hampir semua komputer yang ada saat ini menggunakan arsitektur von neumann.

                                                    Struktur Kognitif Manusia

Kognitif merupakan suatu pemikiran seseorang  tentang bagaimana seseorang itu berpikir, mengingat, memahami bahasa, memecahkan suatu masalah, menjelaskan tentang berbagai pengalamannya, memperoleh sebuah moral, dam membentuk kepercayaan ataupun keyakinan pada diri sendiri.

Kognitif dibagi menjadi enam tingkatan, yaitu:

1. Knowledge Level atau Tingkat Pengetahuan : berisikan kemampuan untuk mengenali dan mengingat peristilahan, definisi, fakta-fakta, gagasan, pola, urutan, metodologi, prinsip dasar, dsb

2. Comprehension Level atau Tingkat Pemahaman : dikenali dari kemampuan untuk membaca dan memahami gambaran, laporan, tabel, diagram, arahan, peraturan, dan seterusnya.

3. Application Level atau Tingkat Aplikasi : seseorang memiliki kemampuan untuk menerapkan gagasan, prosedur, metode, rumus, teori, dan sebagainya di dalam kondisi kerja.

4. Analythical Level Tingkat Analisis : seseorang akan mampu menganalisa informasi yang masuk dan membagi-bagi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya, dan mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yg rumit.

5. Synthesis Level atau Tingkat Sintesa : seseorang di tingkat sintesa akan mampu menjelaskan struktur atau pola dari sebuah skenario yang sebelumnya tidak terlihat, dan mampu mengenali data atau informasi yang harus didapat untuk menghasilkan solusi yang dibutuhkan.

6. Evaluation Level atau Tingkat Evaluasi : dikenali dari kemampuan untuk memberikan penilaian terhadap solusi, gagasan, metodologi, dan sebagainya dengan menggunakan kriteria yang cocok atau standar yang ada untuk memastikan nilai efektivitas atau manfaatnya.

Sehingga dapat disimpulkan terdapat kaitan antara arsitektur komputer dengan struktur organisasi manusia.

daftar pustaka:

Rachmadi, T. (2020). Organisasi dan Arsitektur Komputer. Tiga Ebook

Questibrilia, B. (2020). Arsitektur komputer. Jojomic

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2007). Psikologi Kognitig Edisi Kedelapan.                     Jakarta: Erlangga    

Comments

Popular Posts